Update Alogaritma Google Terbaru pada bulan Desember 2020 membuat pakar SEO dunia semakin sibuk. Bagaimana tidak, semua situs tentu mengalami dampak. Sebagian tertawa ‘nyengir’ karena peringkat tiba-tiba naik. Sementara, sebagian terpaksa ‘galau’ karena wajib terlempar jatuh dari posisi sebelum.

Pada 3 Desember 2020 lalu, Google secara resmi lagi melaksanakan update algoritma terbaru. Dan situs Randy SEO sempat ‘oleng’ sesaat. Turun peringkat! Hohoho….

Biasanya, untuk kata kunci utama “Jasa SEO” berada di top 1 atau 2, tiba-tiba terlempar terhadap posisi 8. Anjay kan…

Atas dasar fenomena tersebut, saya bakal membicarakan perihal apa itu update algoritma dan bagaimana bisa berdampak benar-benar terhadap peringkat. Mari kami langsung saja;

Pendahuluan
Ketika berbicara SEO, maka sadar pola agoritma Google adalah penting. Termasuk perihal update algoritma itu sendiri. Ketika algoritma Google berubah, maka trik SEO yang diterapkan sebelumnya, juga wajib bisa menyesuaikan.

Lalu bagaimana kecuali tidak? Jawabannya sederhana, SEO Anda bakal terancam gagal. Meskipun di awalnya udah tunjukkan hasil yang bagus.

Kemudian peringkat situs Anda bakal jadi lama jadi turun. Bahkan bisa turun secara drastis yang otomatis menurunkan traffic website.

Pengertian Algoritma Google

Apa itu algoritma Google? Google menciptakan sistem perangkingan melalui algoritma. Tujuannya, untuk menampilkan hasil dari pencarian yang relevan bersama kata kunci yang digunakan oleh pengguna. Akan tetapi, sistem yang diciptakan berikut tidak mungkin raih kata sempurna. Itulah yang menjadi keliru satu alasan mengapa update algoritma Google wajib dilakukan.

Untuk pergantian algoritma Google memang memadai sering terjadi. Bahkan Google diketahui udah melaksanakan pergantian sebanyak 3234 kali, cuma didalam kurun selagi satu tahun. Sebuah angka yang mengagumkan dan tentunya membawa dampak para pengelola website, terlebih yang masih baru bakal kebingungan dan susah sesuaikan pergantian algoritma yang dikerjakan oleh Google tersebut.

Ketika tersedia blog maupun situs yang tidak ikuti perkembangan update algoritma Google terbaru, tentunya bakal mengalami kerugian. Seperti yang udah kami jelaskan bahwa keliru satu kerugian yang dialami adalah rangking websitenya bakal menurun. Kemudian para pengunjung juga menjadi berkuran dan traffic situs pun bakal jadi lama jadi menurun.

Maka dari itu, Anda wajib selalu ikuti setiap update algoritma Google. Namun wajib Anda ingat bahwa pembaruan algoritma Google tidak selalu bakal mengganti algoritma Google lama. Terkadang tersedia sebagian pembaruan algoritma yang tujuannya untuk memperkuat algoritma Google sebelumnya, baik minor maupun major update.

Kenapa Update Algoritma Google Penting?

Mungkin Anda menjadi bertanya kenapa Google wajib melaksanakan update algoritma? Bahkan update algoritma Google berlangsung didalam jangka selagi yang tidak benar-benar lama pada update satu bersama update yang lainnya. Berikut ini merupakan sebagian alasan mengapa Google melaksanakan pembaruan algoritma.

1. Meminimalisir Terjadinya Pelanggaran Pengguna

Update algoritma Google mempunyai tujuan untuk sesuaikan skema terhadap hasil pencarian yang ditampilkan. Algoritma miliki peran mutlak di didalam sesuaikan hasil pencarian. Dengan begitu, apa yang dicari pengguna bakal cocok bersama informasi atau hasil pencarian yang mereka dapatkan. Algoritma bakal mempermudah Google didalam menyaring konten. Dengan begitu, hasil pencariannya pun bakal cocok bersama ketentuan.

Di segi lain, tersedia sebagian pemilik situs yang berusaha bermain kotor supaya konten mereka bisa muncul di halaman pertama atau duduki posisi atas. Dengan ada update algoritma Google ini, maka Google bisa lebih gampang sadar apakah tersedia konten yang melanggar ketetapan atau tidak.

2. Menjaga Ekosistem

Tidak bisa dipungkiri bahwa Google udah menguasai pasar mesin pencari atau search engine. Tentu saja Google ini tetap menjaga situasi tersebut. Salah satu langkah yang dikerjakan adalah selalu mengimbuhkan update algoritma Google supaya ekosistemnya selalu terjaga. Dengan begitu, pengguna juga bakal selalu nyaman ketika melaksanakan pencarian.

3. Memberikan Konten Terbaik

Alasan ketiga mengapa Google melaksanakan pembaruan algoritma adalah supaya Google tetap mengimbuhkan konten terbaik. Kita sadar bahwa tersedia banyak sekali konten yang tersebar di dunia maya. Siapa saja bisa membuka konten berikut kapan saja dan dimana saja. Selain itu, setiap konten yang tersedia membawa mutu yang tidak serupa pada konten satu bersama konten yang lainnya. Di sinilah peran algoritma Google.

Algoritma Google berperan didalam sesuaikan apa saja konten yang bisa muncul terhadap halaman pertama. Selain itu, Google juga bakal sesuaikan mutu konten yang muncul di halaman pertama berikut supaya selalu terjaga. Untuk itu, diperlukan ada update algoritma Google. Pembaruan ini bakal tetap dikerjakan supaya pengguna bisa mendapatkan konten yang berkwalitas cocok yang mereka inginkan.

Ketika Anda melaksanakan pencarian di Google bersama memasukkan keyword, maka hasil yang bakal muncul terhadap halaman pertama merupakan hasil yang paling bagus. Google bakal berusaha untuk tetap menjaga kualitasnya bersama melaksanakan pemburuan algoritma Google secara berkala. Maka dari itu, sebagai pemilik atau pengelola situs atau blog, maka Anda wajib selalu ikuti seperti apa update algoritma Google.

Banyak yang menduga kalau efek berasal dari update algoritma inti kali ini dapat lebih besar berasal dari biasanya, gara-gara sepertinya Google menunda lumayan lama update yang ketiga ini. Tapi untuk memahami itu kami harus menunggu hingga beberapa minggu ke depan hingga algoritma baru ini berjalan sepenuhnya.

Seperti biasa… kami ingatkan agar jangan panik dan jalankan hal-hal yang terlalu berlebih selagi berjalan algoritma layaknya ini. Adalah perihal yang wajar ada beberapa web site yang naik menggeser web site kita. Namun web site kami umumnya sanggup kembali kalau sesungguhnya kualitasnya lebih baik.

Update Google yang dijalankan terhadap tanggal 3 Desember ini efeknya baru menjadi terhadap tanggal 4 Desember 2020 oleh banyak website. Efek ini lebih besar berasal dari update algoritma inti di bulan Mei 2020 yang lalu. Jumlah pergantian peringkat didalam update Desember 2020 ini lebih-lebih lebih berasal dari 2x lipat berasal dari yang berjalan di bulan Mei lalu.

Pergerakan ranking yang justru lebih penting terhadap peringkat TOP 3 (jika dibandingkan dengan update Mei 2020). Hal ini yang membuat update kali ini lebih unik.

jasa seo terbaik

Jika update bulan Mei dijalankan sebagai wujud penyesuaian terhadap Covid-19, maka bisa saja update Desember ini adalah proses penyesuaian ke keadaan terbaru selagi ini yang sudah lebih stabil berasal dari sebelumnya.

Ada banyak website yang drop selagi update Mei 2020 yang lantas menjadi kembali ke posisi yang semula; lebih-lebih beberapa web site jadi lebih baik berasal dari sebelumnya.

Kita tetap harus menunggu untuk sanggup melihat faktor-faktor apa yang sebabkan sebuah web site kehilangan peringkat didalam update algoritma Google ini. Tapi niches yang mengalami pergantian peringkat yang besar sudah sanggup kami melihat di didalam tabel di bawah ini.

jasa seo

Update Alogaritma Google Terbaru dan Alogaritma Sebelumnya

UPDATE ALGORITMA SEBELUMNYA

Update Alogaritma Google Terbaru 28 Oktober 2020?

Berbicara tentang alogaritma Google memang menarik dan pada akhir bulan oktober ada 2 isu penting seputar update algoritma.

  1. Berkenaan masuknya proses passage ranking ke didalam algoritma Google;
  2. Ayunan peringkat yang berjalan terhadap tanggal 28 Oktober yang lalu.

Passage Ranking

Passage ranking adalah sebuah proses di mana Google dapat menilai bagian-bagian khusus saja berasal dari suatu halaman web site untuk melacak konten yang paling relevan.

Jadi Google tidak kembali melihat suatu halaman sebagai suatu halaman yang utuh. Google sanggup menemukan anggota yang paling relevan berasal dari suatu halaman dan merekomendasikan anggota berikut ke pengguna Google.

Algoritma passage ranking ini diprediksikan mampu merubah peringkat berasal dari 7% website yang ada di index Google.

Algoritma ini katanya dapat masuk di akhir th. 2020 dan menjadi diterapkan di lokasi Amerika. Untuk penerapan di negara-negara yang lain dapat dijalankan secara bertahap.

Apakah Ada Update Algoritma 28 Oktober 2020?

Ada banyak pemilik web site yang menyebutkan bahwa berjalan trafik drop di tanggal 28 Oktober 2020. Jika berjalan pergantian trafik yang besar layaknya ini, maka itu artinya ada pergantian algoritma di didalam proses Google.

Masalahnya; tidak semua web site melihat pergantian trafik itu. Jadi bisa saja ini bukan update yang besar.

Sebenarnya Google melakukan update algoritma tiap-tiap harinya. Jadi tidak mungkin setiap hari harus diinformasikan tetang update alogaritma.

Kami sendiri melihat beberapa kata kunci untuk website-website yang kami monetisasi mengalami penurunan peringkat terhadap tanggal 28 oktober 2020. Lalu ada beberapa web site yang sebelumnya tidak ada di halaman pertama, tiba-tiba sanggup berada di atas web site kami.

Namun sekarang pergantian ini menjadi muncul kembali ke keadaan semula. Ada beberapa kata kunci yang menjadi naik kembali; dan web site yang tadinya tiba-tiba naik … sekarang menjadi mengalami penurunan peringkat.

Jadi kemungkinannya ini hanya efek berasal dari algoritma rank brain yang mempelajari perilaku-perilaku baru pengguna Google dan mengupayakan sesuaikan hasil pencarian yang ditampilkan. Jika anda menjadi konten web site anda sudah memiliki kualitas dan sanggup memuaskan pembaca, maka tidak ada yang harus sangat dikuatirkan. Biasanya ini dapat kembali normal didalam seminggu atau 2 minggu.

Update Alogaritma Google Terbaru

Update Algoritma Akhir September 2020

Akhir bulan september 2020 ada banyak web site yang mengalami kasus index? Apakah ini ada kaitannya dengan update Algoritma Google? Bahkan bukan hanya halaman baru saja yang kesulitan terindeks; beberapa halaman lama lebih-lebih muncul berasal dari didalam index Google. Sebenarnya apa yang terjadi?

Pada tanggal 23 September ada gejala yang menyerupai keadaan update algoritma Google,Seroundtable mencatat hal ini. Tapi sepertinya keadaan ini hanya kasus canonical di didalam proses Google.

Lalu terhadap tanggal 29 September ada banyak pemilik web site yang menjadi melaporkan bahwa web site berita yang mereka kelola tidak masuk index Google untuk artikel-artikel terbaru. Bahkan ada banyak webmaster yang mengeluhkan bahwa halaman landing page utamanya hilang berasal dari index Google.

Keluhan ini sudah hingga di Google dan Google memberikan konfirmasi bahwa ini adalah kasus berasal dari segi index yang sekali kembali tidak sanggup mengimbangi kecepatan perayapan robot Google.

Tapi biarpun Google sudah melaporkan bahwa kasus index ini sudah terpercahkan, tetapi tetap banyak web site yang mengeluh bahwa artikel baru mereka belum terindeks. Biasanya ini berjalan gara-gara Google tetap harus jalankan deep crawling untuk meraih kembali halaman-halaman yang sudah terlanjur dilewati oleh freshbot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *