Cara Reset Password WordPress Dari PHPMyadmin – Karena sangat jarang melaksanakan update website, menyebabkan beberapa dari kawan dekat lupa bersama dengan password login wordpress. Sehingga kawan dekat perlu mengganti password login wordpress.

Banyak cara untuk mempengaruhi atau mengganti password wordpress. Diantaranya tersedia 4 cara, yaitu reset password bersama dengan login ke admin dashboard wordpress, lewat link reset password, lewat phpmyadmin dan softaculous.

Namun untuk cara pertama dapat ditunaikan terkecuali kawan dekat dapat login ke dashboard wordpress, sedangkan untuk cara kedua lewat link reset dapat dilakukan, terkecuali udah melaksanakan setting plugin SMTP di WordPress. Bagaimana jika tidak ada solusi untuk masuk kedalam menu admin wordpress sama sekali dan juga belum melakukan konfigurasi SMTP.

Sobat dapat gunakan cara ketiga maupun keempat, tapi untuk cara keempat kawan dekat perlu melaksanakan install wordpress lewat softaculous. Jika tidak, maka tidak dapat melaksanakan reset lewat softaculous. Pada kesempatan kali ini, kita akan gunakan cara yang ketiga. Yaitu melaksanakan reset password lewat phpmyadmin.

Mengapa perlu mempengaruhi password wordpress lewat PHPmyadmin ?
Karena gunakan cara selanjutnya yang paling ringan ditunaikan terkecuali tidak dapat login, belum setting SMTP, maupun tidak install wordpress lewat softaculous. Asal dapat login ke panel dan akses PHPmyadmin, maka masalah lupa password wordpress selesai.

Apa yang diperlukan untuk reset password wordpress lewat PHPmyadmin ?
Hal yang diperlukan adalah dapat login ke panel dan akses PHPMyadmin, setelah itu menyadari nama database. Akan sangat membingungkan terkecuali mempunyai banyak database tanpa menyadari nama database web yang akan direset. Baca >> Cara Mengetahui Nama Database Website WordPress.

Panduan Ganti Password WordPress Dari PHPMyadmin:

  1. Pertama silahkan kawan dekat login ke account cpanel web hosting. Untuk login cpanel dapat bersama dengan akses namadomain.com/cpanel atau IP Hosting:2083 (contoh : 192.88.90.241:2083). Pada bagian login cpanel kawan dekat pasti udah menyadari ya ?.
    Jika kawan dekat terhalang login cpanel, sebaiknya langsung menghubungi pihak sarana web hosting sobat. Kurang lebih seperti selanjutnya ini untuk untuk akses ke cpanel :
    cara login cpanel
  2. Kemudian ketikan di kotak pencarian cpanel atau panel lain “PHPMyadmin“. Jika kawan dekat gunakan cpanel, kurang lebih seperti selanjutnya :
    phpmyadmin
  3. Jika udah mendapatkan menu PHPMyadmin silahkan di klik dan akan diarahkan ke halaman baru (halaman phpmyadmin)
    cara mengetahui nama database
  4. Selanjutnya silahkan klik “Nama Database” yang tersedia di sebelah kiri. Dan akan muncul tabel. Silakan kawan dekat cari nama tabel “_Users, terkecuali udah mendapatkan langsung saja di klik. Jika tabel sangat banyak, maka langsung ketikan di pencarian tabel bersama dengan keyword “users”
    wp-user
  5. Jika udah di klik, nantinya akan terdapat user-user yang dulu dibikin terhadap account wordpress sobat. Silakan menentukan tidak benar satu user bersama dengan klik “Edit“.
    edit phpmyadmin
  6. Selanjutnya silahkan diubah password (user_pass) dan jangan lupa terhadap bagian function diubah ke MD5. Jika udah diubah password dan function menjadi “MD5“, maka silahkan klik tombol “GO” terhadap kanan bawah. Berikut untuk bentuk gambar kolomnya.
    cara mengetahui nama database di phpmyadmin

Baca Juga: Cara Mengetahui Nama dan Password Database WordPress

Kesimpulan

Mengganti password wordpress tidaklah sulit, tapi kawan dekat perlu menyadari nama database wordpress khususnya dahulu (Cara mengganti nama database wordpress). Tanpa menyadari nama database, maka akan menyebabkan tidak benar reset dan menyebabkan web yang lain akan berubah password. Selanjutnya tidak akan dapat login gunakan password yang seharusnya.

Dalam menyebabkan password pastikan untuk gunakan paduan angka, huruf maupun karakter. Agar keamanan web lebih terjaga bersama dengan password yang kuat.

Demikianlah Tutorial Reset Password WordPress Dari PHPMyadmin, semoga berfaedah dan dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk sharing artikel ini kepada rekan sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat