BERBAGI

Cara Membuat Tabel Menjadi Responsive Tanpa Plugin – Bagi yang belum tahu cara membuat tabel WordPress yang responsive, silakan simak tutorial cara mudah membuat tabel responsive di wordpress berikut ini.

cara membuat tabel menjadi responsiveWalaupun kita telah menggunakan theme yang responsive, seringkali tabel yang kita buat pada postingan tidak responsive, sehingga pada saat blog di buka menggunakan smartphone atau tablet ada sebagian tabel yang terpotong.

Secara default, halaman editor pos atau laman WordPress tidak menyediakan fitur untuk mengelola tabel. Sedangkan tabel merupakan salah satu alat penting untuk menyajikan data dalam format yang mudah dipahami.

Mungkin Anda memiliki kemampuan HTML dan CSS untuk menampilkan tabel melalui mode Teks, tetapi ini kurang efisien terhadap editing postingan.

Ada beberapa cara mudah untuk membuat tabel menjadi responsive tanpa menggunakan plugin. Selain itu Anda juga bisa menggunakan plugin yang sudah di sediakan oleh WordPress, namun hal ini akan memakan memory.

Baca Juga : Cara membuat tulisan rata kanan dan kiri di WordPress

Tentu saja hal itu tidak baik, karena akan ada informasi yang tidak lengkap ketika postingan blog di baca menggunakan smartphone atau tablet. Lantas bagaimana caranya membuat tabel responsive?

Cara Membuat Tabel Menjadi Responsive Tanpa Plugin Di WordPress

Hampir semua penulis mungkin membutuhkan tabel untuk membuat sebuah perbandingan, atau bisa juga digunakan untuk membuat gambar yang mempunyai keterangan.

Membuat tabel di postingan blog memang sangat mudah, Anda bisa menyalin (copy) tabel yang sudah dibuat kemudian menempelkannya (paste).

Tapi jika ini dilakukan yang terjadi tabel tersebut tidak akan memiliki warna maupun garis, dan hanya akan terlihat seperti tulisan polos namun sudah dibagi menjadi beberapa kolom dan baris.

Artinya jika kamu copy paste tabel langsung dari excel maka hasilnya kurang bagus.

Baca Juga : 9 Langkah Membuat Artikel SEO Friendly

Untuk membuat tabel responsive di postingan blog kita perlu menambahkan kode css agar tampilan tabel menjadi lebih menarik, keren, dan cantik.

Untuk membuat tabel di dalam postingan atau artikel blog, kita harus membuatnya secara manual dengan menggunakan beberapa kode tag html.

Berikut html yang harus ditambahkan, agar tabel menjadi responsive.

Cara Membuat tabel Responsive

<div┬ástyle=”overflow-x:auto;”>
<table>

</table>
</div>
[collapse]

Jika cara yang kami berikan masih membingungkan, silakan mencobanya dan memahaminya di w3schools

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here